Pages

Jumat, 11 Maret 2011

Kisah Teladan untuk nasihat diri agar lebih tanggap dengan petunjuk dan tanda-tanda pertolongan Nya.

**Cerita ini adalah cerita sahabat nabi -- berasal dari sebuah Majlis yang telah disadur. semoga bermanfaat.

Seorang sahabat ahli ibadah yang Sholeh dan tawaddu tinggal disebuah desa kecil. suatu hari desa tempat tinggalnya dilanda banjir bah. dia berdoa kepada ALLAH agar desa dan penduduk tersebut diselamatkan dari marabahaya banjir bah. ketika banjir sudah sepinggang orang dewasa, tetangga terdekatnya mengajak sahabat untuk turut serta mengungsi dengan kayu gelondongan seadanya. tapi sahabat tsb menolak tawaran dari tetangganya. Dia berkeyakinan bahwa hanya Allah yang pada hakikatnya berkuasa menentukan nasib manusia dan hanya ALLAH yang bisa menolong setiap kesulitan manusia.

Ketika banjir telah melebihi tinggi orang dewasa ketua RT pun mengevakuasi penduduknya karena diyakini air semakin meninggi. ketua RT pun mengajak serta sahabat tsb, sahabat tersebut naik ke atap rumahnya dan terus berdoa kepada ALLAH agar diselamatkan dari banjir tsb.

Ketinggian banjir semakin bertambah, melebihi atap-atap rumah penduduk, kemudian tim SAR pun menyisir kerumah warga yang masih bertahan termasuk kerumah sahabat tsb. sahabat tersebut pun menolak kembali ajakan dari tim SAR walau telah dipaksa berkali-kali. dia tetap bertahan dengan pendiriannya, terus berdzikir dan berdoa kepada ALLAH memohon agar diselamatkan dari banjir bah tersebut.

Setiap menit air bah terus meninggi, akhirnya sahabat tersebut pun wafat dalam dzikir dan doanya. Allah memerintahkan agar sahabat tersebut dimasukkan kedalam surga atas amal ibadahnya. ketika dijemput oleh malaikat, terjadi diskusi antara malaikat dan sahabat tsb:

Malaikat: "Wahai sahabat izinkan aku untuk mengantarkanmu ke surga ALLAH SWT."
Sahabat: "Wahai malaikat bolehkah aku meminta sesuatu?"
Malaikat: "Jika aku mampu maka akan aku usahakan."
Sahabat: "Bolehkah aku menghadap kepada Rabb ku??"

Kemudian malaikat menyampaikan permohonan tersebut kepada ALLAH SWT. dan ALLAH SWT mengabulkan permintaan tsb. kemudian dibawalah sahabat tsb untuk menemui ALLAH SWT.

Sahabat: "Ya Rabbi, bukankah aku telah beribadah kepadamu sepanjang hidupku, bukankah aku telah menjauhi apa yang engkau larang selama hidupku, tapi mengapa engkau tidak mengabulkan doaku? mengapa engkau tidak menyelamatkan aku? jika aku punya dosa yang tidak berkenan dihadapanmu maka ampuni aku."

ALLAH: "Wahai hambaku, kamu adalah salah satu hambaku yang baik. kamu tidak pernah melakukan dosa yang berat dihadapanku. wahai hambaku bukankah tetanggamu telah menawarkan untuk menolongmu, bukankah ketua RT mu telah menawarkan untuk menolongmu, bukankah tim SAR itu telah menawarkan untuk menolongmu. wahai hambaku mereka itu perantaraku untuk menolongmu. maka sesungguhnya aku telah menolongmu"



**kadang kita mesti sadar dengan lingkungan dan tanggap dengan petunjuk dari ALLAH SWT.
*cerita ini Nasihat untuk diri pribadi.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More